Jumat, 23 Desember 2016

#EdisiAkademik: Gak Kerasa, Sudah...



Halooo!
Setelah 362 hari gak ngepost apa-apa di blog ini, akhirnya kesampaian juga buat nulis disini hehe. Btw gue aktif di tumblr, tapi postnya cenderung pendek-pendek gitu lho, kalo ngepost yang singkat-singkat di blog agak nanggung ya soalnya di blog enakan nulis yang panjang-panjang hehe. Gue juga baru-baru ini berencana nulis di wordpress, all by english, tapi gue masih gangerti cara menggunakan wordpress jadi ya gitulah maafkan. 

Sesuai judul... gue mau cerita betapa keras hidup gue selama empat bulan belakangan (oke ini lebay). Sebenarnya gue udah officially libur sejak tanggal 16 Desember kemarin setelah sebelumnya ada ujian Bahasa Inggris, tapi baru bisa ke Jambi tanggal 20 Desemeber karena satu dan lain hal. Daaan gak kerasa banget gue bisa ngelewatin semester pertama ini dengan (alhamdulillah) mulus :') gue kira pas awal masuk sini, akademik gue bakal hancur-hancuran banget, ternyata masih diberi keberuntungan buat bisa ngikutin kuliah disini hehe. Di post ini, gue bakal fokus ke kegiatan akademik dan matkul gue selama 4 bulan di fakultas tempat gue dirodi, FTSL. Oke, here we go!

Jadi, satu tahun pertama di itebe dinamakan TPB atau Tahap Persiapan Bersama. Pada tahun pertama ini, kita gak langsung belajar matkul jurusan, soalnya jurusan aja belum dapet wkwk. Lho kok gitu? Iya, satu tahun pertama, kamu tuh sebenarnya belum dicap sebagai "sarjana", tapi masih jadi dedek-dedek TPB. Di akhir semester dua, akan ketahuan kamu di jurusan apa. Nah FTSL Ganesha terbagi menjadi tiga jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kelautan. Gue sih pengennya masuk ke jurusan........... hehe ada aja. Ntar aja deh pas udah diterima baru ngasih tau. Gak enak kalo bilang sekarang :)

Nah, di TPB, kita tuh gak milih matkul, tetapi udah dipaketin. Kita belajar matkul-matkul wajib macam Kalkulus, Fisika Dasar dan Kimia Dasar, dan beberapa mata kuliah umum. Katanya, matkul-matkul wajib ini "cuma" ngulang materi SMA, tapi..... lihat aja nanti dibawah. Matkul wajibnya terbagi menjadi dua paket, yaitu paket A dan paket B. Jadi ada Kalkulus A dan B, Fisdas A dan B, serta Kimdas A dan B. Secara umum, paket A lebih susah dan lebih ribet dari paket B, serta yang dipelajari lebih lengkap kap kap (perbandingannya nih, buat Kimdas, paket A buat satu bab ada 140-160 slides, sementara paket B cuma 35-70 slides. Jahat kan?!). Biasanya pemilihan paket A dan B itu tergantung sama kebutuhan sih. Misalnya, STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika), jelas dong ya butuh kalkulus dan fisika, jadilah paket kalkulus dan fisika untuk STEI adalah A. Tapi anak STEI gak perlu terlalu mendalami Kimia, jadi paket kimia buat STEI adalah B.
.
.
.
Unfortunately, FTSL dapat paket A untuk ketiga matkul wajib ini, karena di FTSL ada Teknik Sipil (butuh Kalkulus dan Fisika banget), Teknik Lingkungan (basic Kimianya harus kuat kalau nggak mampus), serta Teknik Kelautan (katanya sih Fisikanya lebih ribet daripada Sipil, tapi gatau deh)
.
.
.
.
Oh ya, di itebe juga, dalam satu semester TPB ada dua kali ujian wajib (untuk matkul wajib a.k.a kal-fi-ki), yaitu UTS 1 dan UTS 2. Kuis dan lain-lain itu tergantung dosen. Jadi, materi selama satu semester dibagi jadi dua ujian. Untung matkul umum, ada UTS dan UAS. Pada semester 1 ini, gue dapet paket 17 SKS, 6 matkul.
.
Oke kita langsung bahas matkul-matkul yang udah menyiksa gue empat bulan belakangan ya. 


1) KALKULUS  A (4 SKS)

(buku pegangan: Purcell, 9th Edition).

Fikiran gue ketika pertama kali kalkulus: "apasih kalkulus, ngulang materi SMA aja kan, gausah belajar lah ya HAHA."
Zonk. Salah besar. Memang sih, secara garis besar, materi UTS 1 dan sebagian UTS 2 adalah materi sekolah, tapi ya mas namanya institut tekanan batin gabakal ngasih soal setingkat sekolah lah. Materi yang diujikan lebih dalam, esensinya juga lebih ditekanin, jadi benar-benar harus tau konsep. Di UTS 1, gue belajar tentang Sistem Bilangan Real, Aljabar Dasar, Konsep Limit dan Turunan (kesannya sih materi SMA padahal....). Di UTS 2, belajar integral dan aplikasinya, dan materi baru: logaritma natural dan inversnya, fungsi invers trigonometri dan inversnya, serta fungsi hiperbolik dan inversnya. Ini materi baru, gak ditemui di SMA dan gak ada di olimpiade.
Karena gaada praktikum, jadi bobot nilai buat Kalkulus itu tergantung banget sama UTS 1 dan UTS 2 kita. Kedua ujian kalkulus gue ada aja masalahnya -_- pas UTS 1, gue semingguan sakit, jadi cuma sempet belajar sehari doang buat kalkulus yang materinya seabreg dan hasilnya gak maksimal, dan di UTS 2 lebih lucu lagi........... tinta pena gue abis. Padahal gue bawa dua pena lho pas ujian tapi kedua-duanya abis Allahuakbar sekali bukan hehe!?
Jadi tuh pas UTS 2, gue kan kayak biasa lah ya nyiapin dua pena soalnya takut salah satunya habis atau macet (hehe kayak simpang McD Dago aja macet hehe) atau ada hal-hal diluar kehendak. Nah tapi tuh pas mulai ngerjain (pertama pakai tinta hitam), gue kok ngerasa aneh ya makin ditulis tintanya makin ilang dan lenyap. Mulai panik tuh. Akhirnya gue coba deh pena tinta biru tapi sama aja kok persis makin ditulis makin ilang eee bangshood. Untunglah setelah ditunggu agak lama, penanya bisa nulis dengan terang lagi tapi ya abis berapa baris makin redup gitu lah. Jadi harus ganti-ganti gitu. Lucu gak sih lembar ujian gue warnanya hitam-biru ganti-ganti dan makin mau ganti warna tulisannya makin gabisa dibaca hehe pasrlah lah. Untungnya nilai gue masih normal, namun gak sesuai target sih hehe. Alhamdulillah.

2) FISIKA DASAR A (4 SKS)

(buku pegangan: Halliday, 10th Edition).

Fisdas. Dari awal dengernya gue udah takut bakal galulus atau semacamnya disini. Soalnya, pas UN kemarin, Matematika sama Kimia gue alhamdulillah salah satu tapi Fisika salah lima -_- gue takut aja Fisdas gue hancur bahkan ngulang (padahal belum belajar jadi gatau tingkat kesulitannya lol).....
Materi Fisika untuk UTS 1 adalah Analisis Vektor, Kinematika Translasi dan Rotasi, Dinamika Translasi, Momentum dan Implus, dan Usaha-Energi. Di UTS 2 ada Dinamika Rotasi dan Benda Tegar, Osilasi Harmonik Sederhana, Gelombang Mekanik, Mekanika Fluida, Teori Kinetik Gas dan Thermodinamika. Singkatnya nih, materi semester 1 kelas 10, seluruh materi kelas 11 dan setengah materi semester 1 kelas 12 dipelajarin dalam SATU SEMESTER doang. Hmmm itebe terbaique.

Pertemuan-pertemuan pertama dengan dosen, gue duduk di belakang mulu, nyatet juga seadanya, jelek lagi catatannya, mana waktu itu dosen gue ngasih contoh soal langsung ngasih contoh yang susah kayak pembuktian gitu (WTF padahal materinya cuman vektor dan kinematika), jadilah gue stress, ini Fisika gue bakal panjang umur nggak sih T_T

Kuis pertama yang gue dapet adalah Fisika. Dan nilai gue waktu itu tepat diatas rata-rata kelas WAKAKAK *cry sekebon*. Tapi waktu itu gatau kok gue senang, setidaknya gue gak goblok-goblok amat lah ya :')

Singkat cerita UTS 1 gue kacau. Gue ngerasa soalnya ribet banget, pengerjaannya cukup kuli dan lumayan susah. Bodohnya gue kira setiap rumus di ujian itu harus diturunin biar dikira kita faham sama rumusnya, eh ternyata nggak harus. Kan kesel. Itu buang waktu banget gue nulis penurunan rumus di setiap soal. Dan itu ngabisin waktu banget. Ngapain coba bego gasih. Akhirnya gue gak selesai ngerjain UTS 1, dari lima soal, gue ngerjain tiga soal full (gatau bener atau salah) dan dua nomor setengahnya doang. Mana waktu itu jam tangan gue ilang jadi manajemen waktu buat ngerjain soal jelek banget. Manis sekali.

Akhirnya UTS 1 dibagiin hasilnya, dan dikasih peringkat sama dosen. Gue masih peringkat 20-an dari hampir 90 siswa sekelas, masih lumayan lah. Tapi nilainya itu lho, jelek banget T___T kelas gue jelek, seangkatan jelek. Dosen gue akhirnya bilang ke kelas wajar nilai kami kek gini, soalnya tingkat kesulitan soal UTS 1 ini 130/100 (ini gatau ngukurnya gimana kok bisa lebih gitu) dan jumlah soal sulit adalah 2,5 dari 5 soal, which mean SETENGAHNYA. Diluar batas wajar sis bro padahal Awkarin aja nakalnya masih batas wajar coba. Dan padahal dosen gue bilang, standar soal fisika di itebe itu, 1 soal susah, 3 soal sedang, dan 1 soal mudah. He he he. Pantesan.
Sejak saat itu, gue takut banget kalo harus ikut UAS/ujian perbaikan. Oh ya jadi di ITB itu ada UP atau ujian perbaikan bagi hasil rekapan nilai dari UTS 1, UTS 2, dan lain-lainnya dapet D atau E. Berbeda dengan UTS 1 atau UTS 2 dimana setengah materi selama satu semester diujikan di UTS 1 dan setengahnya lagi di UTS 2, materi yang diujikan di UP itu SELURUH MATERI SELAMA SATU SEMESTER. Banyak banget gasih. Pokoknya waktu itu gue galau abis dah.

Menjelang UTS 2, gue mau taubat belajar. Gamau lagi tuh duduk dibelakang, nyatet yang dosen omongin dan yang dosen tulis di papan tulis dengan rapi, lebih rajin belajar dah pokoknya.
Dan alhamdulillah, hasilnya terbayarkan. Nilai UTS 2 gue naik hampir dua kali lipat dari UTS 1. Peringkat gue juga naik drastis. Wehe. Work hard payed. Akhirnya, nilai akhir fisdas gue di semester ini terpaut 0,6 poin dari indeks maksimum. Nanggung sih, nyesek. Tapi gapapa..... alhamdulillah banget malah. Gue juga bersyukur, punya dosen yang baaaikkkk banget. Coba deh lihat di feeds instagram gue, ampe gue post di instagram lho saking berkesannya dosen tersebut :') sedih banget tiap tau bakal pisah sama pak dosen......

3) KIMIA DASAR A (3 SKS)

(Buku pegangan: Brady, 7th Edition).

Di Kimdas, lumayan banyak materi baru yang belum dipelajarin selama SMA. Di UTS 1, gue belajar tentang Struktur Atom, Stoikimetri, Larutan, Redoks, Mekanika Kuantum, dan Ikatan Kimia Dasar. Di UTS 2, materi yang dipelajari adalah Ikatan Kimia Lanjutan, Energitika Kimia, Gas, Gaya Antar Molekul, dan Termodinamika.
Kimia alhamdulillah kuliah gue lancar, setidaknya belajar h-3 atau h-2 UTS bisa dapet hasil yang menurut gue memuaskan, gak kayak fisika yang harus h-5 atau h-7 hehehe. Kimia asyik intinya, gue suka. Mesikpun kadang soal ujian itebe itu ya Allah udah kayak soal OSK Kimia essay panjang banget cerita narasinya kayak soal Bahasa Indonesia pas SMA. Mana soalnya beranak-ranak lagi, bisa dari a-f. Malah kadang anaknya soal itu beranak lagi, jadi kayak ibu-anak-cucu. Tinggal foto keluarga dah.
.
.
.
.

Nah, matkul wajib sudah kan. Sekarang matkul umum. Matkul umum biasanya ditemui di satu semester aja (kecuali PRD).

4) Pengenalan Teknologi Informasi (PTI) (2 SKS)

Ini matkul termenguras otak. Intinya sih ngoding dengan bahasa C++. Something i have never found in high school. Dan itu mikir keras banget. Kayak dikasih soal gitu, disuruh bikin program. Tiap dua minggu sekali praktikum, tiap seminggu sekali PR. Gue kira gaperlu belajar ya, rupanya harus belajar banget -_- jadilah gue lumayan keteteran di matkul ini. Sebenarnya tuh di matkul ini, asal kita sering latihan, kita jadi bisa. Nah masalahnya gue pemales -_- mana ujiannya tertulis lagi, gak tau kan kita bener atau salah nulisnya (kalo ngerjainnya di laptop atau komputer bisa dicek kesalahan kita, lah kalau ditulis? -_-). Satu soalnya bisa nyampe tiga halaman lho hehehe ntabjiwaraga. Katanya sih PTI pas TPB emang dibikin ribet, biar nanti di jurusan gak terlalu susah.

5) Bahasa Inggris (2 SKS)

Ini sih sans lah ya, dua bulan pertama belajar critical reading, dua bulan sisanya belajar writing. UTS lumayan susah sih wkwkw. Tapi UASnya disuruh bikin essay summary gitu, jadi ya gak terlalu ribet sih sebenarnya.

6) Pengantar Rekayasa Desain (PRD) (2 SKS)

Ini nih matkul yang cuma 2 SKS tapi bebannya yang paling berat, tiap minggu ada PR! PRD tuh sebenarnya belajar teori banyak sih, gimana etika seorang engineer dan rekayasawan, gimana memecahkan masalah kerekayasaan, dan bla bla bla. Ujiannya juga gaperlu belajar, tinggal analisis persoalan aja. Lucunya, mungkin karena FTSL tuh salah satu fakultas yang emang butuh ngerancang dan merekayasa, jadinya FTSL tuh belajar semua basic tiap fakultas di PRD ini -_- jadilah kami pernah mendadak jadi anak STEI (ngerancang saluran listrik dengan beberapa kendala tertentu), jadi anak FTI (identifikasi proses kimiawi), atau FTMD (dikasih pr tentang mesin atau apa gue lupa). Dan tugas besar PRD ini adalah bikin barang daur ulang gitu deh. Di semester 2, gue bakal belajar PRD II, PRD yang JAUH lebih serius dari PRD I.
.
.
.
.
.
Nah, itulah beberapa matkul yang gue dapetin selama di Semester I. Ga nyangka lho gue bisa ngelewatin semester I, alhamdulillah hehe :') emang betul kata salah seorang kakak tingkat, "kuliah disini tuh emang berat, tapi kamu gabakal sadar kamu bisa ngelewatin ini. Ketika kamu 'menoleh ke belakang', barulah kamu tersadar dan merasa bersyukur banget."

Tidak ada komentar: